Kulit Manggis Berkhasiat Tinggi

Jika ingin lebih muda dan mencegah timbulnya kanker, ada banyak buah yang bisa kita konsumsi. Salah satunya manggis yang dijuluki Queen of Fruits karena lebih tinggi kandungan antioksidannya. Antioksidan berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Banyaknya radikal bebas di tubuh ditandai dengan penuaan dini serta timbulnya penyakit seperti kanker. Pasti ada sebabnya mengapa manggis disebut sebagai Ratu Buah. Buah yang tumbuh didaerah beriklim subtropics ini kaya akan xanthone, salah satu jenis antioksidan yang paling super. Bahkan manggis memiliki lebih dari 40 jenis xamthone. Kandungan xanthone itu paling banyak ditemukan pada kulit manggis berkhasiat tinggi.

Selain mengandung antioksidan yang dipercaya mampu memperlambat proses penuaan, manggis juga menyimpan sejumlahy nutrisi lainnya, seperti serat, kalium, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, zat besu, vitamin C, vitamin B6. Dengan berbagai kandungan gizi itu, mengonsumsi jus manggis secara teratur bisa membantu Anda mengatasu berbagai masalah kesehatan tanpa efek samping, seperti kelelahan, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, radang sendi, kolesterol serta diare, dan problem pencernaan lainnya. Proses pengekstraksan kulit manggis berkhasiat tinggi menjadi jus yang kaya akan manfaat memang agak sulit dilakukan oleh masyarakat. Hal paling mudah yang dapat dilakukan adalah mengolah kulit manggis hingga menjadi tepung kering, lalu menjualnya kepada pengumpul yang nantinya akan diolah menjadi jus kulit manggis.

Pembuatan jus kulit mangis berkhasiat tinggi dimulai dengan tepung kulit manggis kering yang telah terkumpul di pengolahan xanthones dapat langsung dibuat jus kulit manggus. Tahap selanjutnya adalah proses pengekstrakan tepung kulit manggis yang menggunakan jenis solven atau pelarut, seperti alkohol. Produk olahan xanthones dapat berupa jus segar, effervescent, maupun kapsul. Xanthones terdapat pula pada kulit air biji yang menyebabkan warna merah apabila direndam dalam air. Xanthones merupakan antioksidan yang memiliki daya pengoksidasi radikal bebas yang lebih tinggi dibandingkan jenis antioksidan lain. Khasiat xanthones dalam kulit manggis telah diteliti berbagai Negara baik dinegara penghasil manggis maupun di Negara yang bukan penghasil manggis. Kenyataan itu tak lepas dari khasiat xanthones dalam mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Bahkan seperti Amerika, Thailand, Malaisya, dan Indonesiam kulit manggus telah diekstrak menjadi produk minuman kesehatan ataupun kapsul. Untuk pengobatan amandel, cara meramu ramuan kulit manggis adalah dengan 15 gram kulit manggis yang sudah kering dan 2 sendok the minyak permen. Kulit manggis tersebut direbus dengan 2 botol air sampai mendidih sehingga tinggal 1 botol. Setelah itu teteskanlah minyak permen dan aduklah hingga rata. Minumlah obat tersebut terus dipakai berkumur terlebih dahulu selama beberapa menit kemudian baru ditelan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>